Spurs pantas dapat pujian lebih

4-tottenham-hotspurs
Mauricio Pochettino yakin tim Tottenham asuhannya tidak mendapatkan pujian sepantasnya dan tidak diperhitungkan sebagai penantang gelar.
Spurs jadi tim yang konsisten musim ini – hanya terhambat oleh beberapa hasil imbang setelah sempat unggul – dan akhirnya berhasil merangsek ke empat besar dengan kemenangan 2-0 atas Southampton hari Sabtu lalu setelah kekalahan Manchester United dari tamunya Norwich.
Kemenangan di pesisir selatan itu merupakan respons cepat dari kekalahan 2-1 mereka dari tamunya Newcastle dua minggu sebelumnya – yang langsung mengakhiri 14 laga tak terkalahkan dan membuat Spurs tertinggal hanya tiga angka dari posisi ketiga Manchester City.
“Terkadang saya pikir masyarakat tidak menyadari usaha yang telah kami buat dan betapa kerasnya pemain kami bekerja karena kami skuad termuda di Liga Primer,” ungkap Pochettino.
“Terkadang mereka pantas dapat pujian lebih atas posisi kami saat ini – dan bukan hanya karena kami ada di peringkat empat saat ini tetapi dengan cara kami bermain. Mungkin pemain, tim, pantas dapat pujian lebih dari yang telah kami terima sejauh ini.”
Spurs tertinggal sembilan angka di belakang pemuncak Leicester City jelang Boxing Day menghadapi Norwich, tetapi pelatih asal Argentina ini tidak menentukan batas terkait ambisi timnya musim ini, hanya fokus pada tiap pertandingan berikutnya saja.
“Di dunia sepak bola semuanya mungkin,” katanya. “Hal paling penting adalah percaya jika anda bisa memenangkan setiap pertandingan. Saya pikir kami sangat muda, kami punya skuad yang kuat, kami percaya pada diri kami sendiri dan kami akan bekerja keras dan berusaha memenangkan setiap pertandingan.
“Kami ada di liga yang sangat ketat – buat saya Liga Primer adalah liga paling sulit di dunia – jadi selalu penting bisa fokus di setiap pertandingan dan di setiap sesi latihan, tetapi di dunia sepak bola semua bisa terjadi jika anda yakin.
“10 pertandingan terakhir sangat penting. Ini tentang bagaimana anda datang di setiap 10 pertandingan terakhir untuk menyerang target atau gol berbeda, atau mencapai hal yang penting.”

Liverpool kehilangan akal sehatnya

4-liverpool-watford

Bos Liverpool Jurgen Klopp kecewa dengan reaksi para pemainnya setelah tertinggal ketika mereka kalah 3-0 di Watford, dengan mengatakan ‘kami kehilangan akal sehat.’

The Reds tertinggal 1-0 setelah tangkapan kurang sempurna Adam Bogdan memberikan kesempatan kepada Ake untuk mencetak gol dari jarak dekat setelah pertandingan baru berjalan tiga menit di Vicarage Rod, tetapi tayangan ulang menunjukkan jika penjaga gawang Hungaria itu sudah memegang bola dengan kedua tangannya ketika Ake melesatkan tembakan.

Klopp mengatakan bahwa wasit Mark Clattenburg seharusnya menganulir gol itu, tapi dia lebih peduli dengan kurangnya reaksi dari para pemain asuhannya.

“Kami kehilangan akal sehat kami setelah gol pertama, kami kehilangan formasi solid kami setelah gol pertama, kami tidak bermain santai seperti seharusnya,” katanya.

“Lapangannya bukan yang terbaik, tapi seharusnya sangat mungkin bermain baik jika anda bermain santai, anda haus memanfaatkan angina, bukan melawan angina.

“Itu yang dilakukan Watford dengan gol kedua. Kami melakukan lebih banyak kesalahan dibandingkan wasit hari ini.

“Awal yang buruk dalam pertandingan. Menurut saya, gol pertama seharusnya pelanggaran – tetapi tetap saja 1-0, dan reaksi kami juga sangat buruk. Kami kehilangan akal sehat kami, kami tidak bermain bola lagi.

“Gol kedua, saya tidak yakin jika dia memainkan sebuah umpan, dia menyelesaikannya dengan baik – tapi kami bertahan dengan buruk.

“Aturannya sangat jelas. Kesalahan Bogdan – jangan biarkan bola jatuh dalam situasi seperti itu. Tapi dia sudah menangkap bola dengan kedua tangannya, tidak diragukan lagi.

“Saya pikir wasit tidak melihatnya, keputusan yang salah, tapi kami juga melakukan banyak kesalahan hari ini.”

Mantan pelatih Dortmund ini menerima jika hasilnya ‘sangat buruk’ dan mengatakan dia berharap ini akan jadi titik terendahnya saat melatih the Reds.

“Saya harap ini akan jadi momen paling mengecewakan selama karir saya di Liverpool,” ungkap Klopp. “Kami tidak merasa bagus hari ini, tentu saja. Kami datang ke sini untuk melakukan sesuatu yang jauh berbeda dari apa yang anda lihat.

“Antara apa yang ingin kami lakukan dan apa yang bisa anda lihat, tentu ada gap yang besar.”